Senin , 14 Juni 2021
Breaking News
Home > Profil & Sejarah

Profil & Sejarah

MENGENAL YAYASAN LENTERA QUR’ANI

(SK. KEMENKUMHAM RI No. AHU-4738.AH.01.04 Tahun 2011)

MUKADIMAH

Yayasan Lentera Qur’ani dengan izin Allah Swt didirikan oleh jama’ah majelis ta’lim di Gentan -Surakarta, yang dipelopori oleh Ustadz Muhammad Badawi. Para pendiri mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari karyawan, PNS, guru, wiraswasta, dll. Walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda namun masing-masing berkomitmen dalam dakwah Islam guna membina generasi yang hebat, cerdas dan berakhlak mulia (Islami).

Arah kebijakan Yayasan Lentera Qur’ani adalah pendidikan, dakwah dan pembinaan keagamaan bagi kaum yatim/piatu dan duh’afa khususnya dan bagi umat Islam pada umumnya. Maka diselenggarakanlah pendidikan dengan penguatan pada penghafal Al-Qur’an dengan didirikannya Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Griya Qur’an Soloraya.

Seiring perkembangannya dengan izin Allah Swt, banyak masyarakat yang antusias dan berminat mewakafkan rumah/tanahnya, termasuk menitipkan putra-putrinya di PPTQ Griya Qur’an tersebut, sehingga para pengurus Yayasan Lentera Qur’ani menyepakati dibukalah beberapa cabang di berbagai daerah. Hingga saat ini sudah ada 12 cabang PPTQ Griya Qur’an yang aktif membina pendidikan Islam dan tahfizhul Qur’an, yang bekerjasama dengan dengan pihak sekolah dari jenjang  SD, SMP, SMA dan kampus/Perguruan Tinggi.

Adapun guna memperlancar program penyantunan santri Yatim/piatu & Dhu’afa tersebut maka didirikanlah sebuah wadah ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf) yang bernama Dompet Griya Qur’an.